Mata kuliah TIN Smstr III #Industri pertanian

assalamualaikum…

alhamdulillahirabbil ‘alamin
akhirnya saya telah menempuh semester III..
kurang lebihnya ada sekitar 20 sks.
ada 8 mata kuliah, yakni:

1. Pengantar Agroindustri (PAI)
mata kuliah ini memberikan gambaran kepada kita mengenai agro industri secara luas. ternyataa agroindustri tidak hanya berkutat mengolah hasil-hasil pertanian yang ada di sawah atau kebun, namun agroindustri juga mengolah hasil-hasil pertanian yang ada di seluruh alam (non-migas). ex: hasil perairan dan hasil hutan.
kita kadang menyingkat nama mata kuliah ini menjadi PAI. mata kuliah ini di bimbing oleh Pa Djumali, Pa Irawadi, Bu Lien, dan Pa Aziz..

2. Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3)
TIN itu emang bener2 luas. banyak ilmu yang kita dapatkan disini, salah satunya adalah K3. jika diluar IPB, mata kuliah ini menjadi sebuah fakultas.
mata kuliah ini sangat dibutuhkan bagi mahasiswa yang ingin meneruskan mimpiny di bidang industri. dalam mata kuliah K3 ini mahasiswa dituntut agar bisa bekerja dengan mengantisipasi bahaya dan risiko seminim mungkin agar terhindar dari kecelakaan. dengan menggunakanK3 lingkungan kerja menjadi aman dan terkendali.
mata kuliah ini dibimbing sama Pa Tadjuddin dan Pa Yani.
di akhir pertemuan mata kuliah ini ada tugas presentasi. dan kelompok kami mendapatkan materi mengenai K3 pertambangan

3. Penerapan Dasar Rekayasa Proses (PDRP)
mungkin ini salah satu mata kuliah yang menjadi momok anak TIN di semester III. dalam mata kuliah ini merupakan pengembangan dari ilmu-ilmu dasar yang kita pelajari di SMA, yakni fisika, kimia, dan mtematika. ketiga mata kuliah ini diramu menjadi PDRP. intinya sih kata Pa Iwan kalo kita belajar PDRP kita ga bisa diboongin sama importir dan eksportir yang ‘nakal’, soalny dengan beljar PDRP kita bakalan tahu berapa massa yng ilang, proses apa yang digunakan untuk mengolah, dll. pokoknya ada dua bab besar di PDRP, yaitu neraca masa dan neraca energi.
mata kuliah ini dibimbing sama Pa Iwan dan Bu endang w.
sebenarnya kalo paham asyikk banget lho, dan kayaknya salah anggapan orang-orang banyak kalo PDRP itu sulit (hehehe gaya dah ah)

4. Metode Statistika (Metstat)
buat saya metstat termasuk kategori mata kuliah yang tersulit di semester III. emang sih, ga ada tugas-tugas dan PR-PR. tapi saat kita UJIAN, waaah bismillah aja dech..
kebanyakan teman-teman yang saya perhatiin di kelas pasti tidur saat kuliah berlangsung, gatau kenapa..
yang dipelajari antara lain : distribusi peluang, rataan dkk, analisis regresi korelasi, perncangan percobaan, hipotesis, dll.
mata kuliah ini dibimbing sama pa arief dan Pa Suprihatin.

5. Teknologi Pengemasan, Distribusi, dan Transportasi (TPDT)
buat saya, mata kuliah ini yang paling asyik. TPDT menuntut kita agar paham mengenai kemasan apa yang cocok untuk mengemas suatu produk pertanian. karena kalo di kemas sembarangan bisa menimbulkan efek samping, seperti tidak tahan lama, bermigrasi, rusak, dll.
ada berbagai macam kemasan yang kita analisis, kertas, plastik, kayu, kaleng, gelas, dll.
praktikumnya juga asyik, tidak terlalu kaku. namun setiap minggu pasti ada laporan. hehehe.. nikmatin ajalah, asyik koooo..

6. Penerapan Komputer (Penkom)
waw laaah. Penkom di TIN sangat berbeda dari Penkomnya temen2 di departemen lain. di mata kuliah ini kita harus bisa menggunakan java. makaanya di setiap laptop pasti ada tuh yang namanya ‘netbeans’. mata kuliah ini termasuk mata kuliah yang sangat sulit bagi yang tidabisa mengikuti. karena mata kulia ini akan berkutat dengan koding-mengkoding.
belum lagi tiap minggu juga ada tugas membuat program. wah serulaah..
rasakaan dan nikmati ajalah pesan saya..

7. Pengetahuan Bahan Agroindustri

8. Analisis Produk Bahan Agroindustri

Rangking IPB 2011

kita tentunya ingin sekali jika mendengar IPB masuk kedalam universitas yang tersohor.

namun pantaskah?

jawabnya :

tentu saja..

karena IPB sebenarnya sudah banyak berkontribusi baik untuk negara dan dunia.

semoga saja dengan keluarnya ranking dunia nanti tanggal 4 januari, kita bisa menyikapinya dengan senyuman.

MPKMB 47

buat panitia MPKMB 47 :

terimakasih banyak saya ucapkan kepada kakak PJL semua yang telah membimbing, mendampingi, menyemangati kami semua. semoga persahabatan yang terjalin pada laskar 21 tidak hilang setelah berakhirnya acara MPKMB 47.

ada kalimat buat MPKMB 47, “nyesel banget buat yang gak ikut”. ┬áselain materinya yang menarik, kita juga dilatih disiplin oleh KOMDIS.

sebenarnya saya sangat terhibur sekali ketika pulang MPKMB hari kedua, di asrama semua anak menirukan perkataan dan perbuatanya KOMDIS. mungkin itu adalah pelampiasan kekesalan anak2 dengan cara menirunya. hahaha